Photo by Pelly Benassi on Unsplash

Pagi dini hari tadi saya terbangun dengan nafas terengah-engah. Badan saya tegang dan keringat dingin luar biasa. Saya tengah mengalami mimpi buruk –terjangkit virus corona yang sekarang ini sedang menjadi pandemi dunia.

Di mimpi saya kaget luar biasa ketika selesai rapid test di rumah sakit dekat rumah, dan dinyatakan positif terinfeksi.

Mimpi memang unik dan nggak terduga, benar?

Banyak pertanyaan yang mungkin kalian ingin tanyakan — saya pun demikian curious. Seperti misalnya: untuk apa sih tiba-tiba rapid test? Memang ada gejala sakit? Atau pertanyaan-pertanyaan lainnya. Jawaban saya: nggak tahu, tiba-tiba saja saya mimpi lagi di rumah sakit dan rapid test.

Lalu begitulah pagi tadi. Situasi saya di bawah alam sadar menjadi begitu intense. Saya shock.

Saya percaya untuk mereka di luar sana yang benar-benar selesai test, entah itu rapid ataupun swab test, dan mendapati hasil yang positif tentu akan menjadi seperti nightmare. Nggak kebayang harus mengikuti perawatan ketat untuk opname di rumah sakit dengan segala alat bantu kesehatan terpasang di badan. Nggak kebayang harus isolasi diri dengan keadaan sakit tanpa mendapat izin untuk dibesuk siapapun. Depresi pasti menghantui.

Nightmare saya tadi malam seperti real. Segera saya merenungi apa saja yang masih saya punya sekarang. Saya rasa sekarang adalah waktunya untuk mensyukuri apa aja yang ada.

Sekecil apapun itu adalah karunia Tuhan. Yang masih bisa bekerja, syukurilah. Yang sudah hilang pekerjaan, tapi masih bisa kumpul bareng keluarga, syukurilah. Atau yang lagi terpisah jauh dari keluarga, tetap syukuri karena kalian dan keluarga kalian masih dikaruniai Tuhan nikmat untuk bernafas menghidup udara segar.

Dan teruntuk kalian yang tengah mengalami masa sulit karena terjangkit virus ini, semangat dan kuatlah.

Saya berdoa kalian dan kita semua baik-baik saja. Semoga masa sulit ini segera berlalu.

Crafting Stories for Therapy

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store